Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Jerawat bagaikan musuh serta problem terberat bagi sebagian orang, terutama bagi perempuan dan para remaja. Meski ukurannya kecil, namun ketika timbul pada area wajah sanggup menciptakan kepercayaan diri seseorang menjadi pudar. Sebenarnya jerawat tak hanya muncul pada wajah, namun bisa juga timbul di area leher, punggung, tangan, dan tempat-tempat lainnya. Penyebab problem jerawat sendiri sangat bermacam-macam tergantung pada jenis jerawat tersebut, dan sayangnya dikala ini kebanyakan orang telah salah dalam menyimpulkan penyebab maupun cara penanganannya. Maka dari itu, Annisa akan memberi sedikit informasi wacana Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat.



Jenis-jenis Jerawat pada Wajah

Jerawat Biasa
Jerawat ini berukuran kecil dan berwana putih kemerahan. Biasanya timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi basil propionibacterium acne. Cara mengatasinya sanggup memakai tomat maupun lemon sebagai masker.

Jerawat Batu
Jerawat watu mempunyai ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat watu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat watu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat watu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan lantaran kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat watu tergolong jerawat yang parah dibanding jenis lainnya. Jika anda mendapati jerawat ini alangka lebih baik kalau berkonsultasi pada dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Komedo
Komedo merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo tertutup terlihat ibarat tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat ibarat pori-pori yang membesar dan menghitam. Untuk menghilangkan komedo ini, anda sanggup memakai putih telur. Caranya celupkan kapas pada putih telur kemudian tempelkan pada area yang terdapat komedo. Tunggu hingga putih telur tersebut mengering, kemudian angkatlah kapas tersebut.

Jerawat Juvenil
Penyebabnya yakni lantaran hormon yang berada dalam badan belum sepenuhnya stabil dalam memproduksi sebum. Cara mengatasinya dapat menggunakan sabun wajah yang mempunyai PH seimbang atau sabun bayi transculent.

Jerawat Vulgaris
Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut hingga pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan lantaran kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya. Tapi kalau jerawat ini sudah semakin parah, sanggup menimbulkan kerusakan dan harus mendapat pegobatan dari dokter spesialis kulit.

Jerawat Rosacea
Jerawat ini biasanya timbul pada perempuan yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang sanggup menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung. Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan , kompres air panas atau dengan penyinaran memakai sinar infra merah untuk pengeringan jerawat.

Jerawat Nitrosica
Jerawat jenis ini harus diwaspadai lantaran yang kalau dibiarkan akan menimbulkan lubang pada kulit wajah. Pengobatn pada jerawat ini harus dengan pertolongan dokter kulit. Teknologi kecantikan seperti mikrodermabrasi, teknologi laser, dan perawatan kecantikan lainnya sanggup membantu untuk menghilangkan jenis jerawat ini.

Mitos Tentang Jerawat yang Perlu Diketahui

Membersihkan Muka
Ada banyak orang yang menyebutkan kalau dengan sering mencuci muka sanggup mengatasi jerawat dengan cepat dan akan menghindarkan diri dari timbulnya jerawat baru. Hal tersebut belum sepenuhnya benar alasannya yakni jerawat tak hanya sekedar muncul akhir permukaan kulit yang kotor atau berminyak.  Membersihkan wajah memang dianjurkan dan sebaiknya tidak lebih dari 2 kali sehari. Terlalu sering membersihkan wajah justru akan menjadikan kulit menjadi kering kusam, hingga peradangan pada kulit yang semakin berbahaya.

Memencet Jerawat
Menghilangkan jerawat dengan memecah atau memencetnya sama sekali tidak terbukti sanggup menghilangkan jerawat. Cara tersebut hanya akan menambah problem gres yakni munculnya bekas jerawat, bahkan sanggup melukai permukaan kulit.

Makanan Penimbul Jerawat
Menurut American Academy of Dermatology, menyatakan kalau tidak ada relasi eksklusif antara masakan berlemak dengan jerawat. Makanan yang tidak sehat atau berlemak akan besar lengan berkuasa jelek terhadap badan bukan hanya pada wajah hingga hingga menimbulkan problem jerawat. Namun dalam mengkonsumsi masakan berlemak memang tetap harus dibatasi biar tidak memicu gangguan kesehatan lain ibarat kolestrol.

Obat Jerawat Dosisi Tinggi Lebih Efektif
Obat jerawat pada umumnya dibentuk sesuai dengan aturan, namun terkadang beberapa orang menambahkan sendiri takaran tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Kondisi tersebut justru akan memperparah kondisi kulit. Jika anda mengalami gangguan jerawat yang parah dan tidak membaik, sebaiknya pergi ke dokter sehingga mendapat penanganan yang sempurna tanpa menimbulkan problem lainnya.

Coklat dan Kafein Penyebab Jerawat
Amy Derick, MD, FAAD, spesialis dermatolog juga menyebutkan kalau cokelat dan kafein sanggup menimbulkan jerawat belum pernah benar-benar terbukti sepenuhnya. Beberapa studi mengatakan bahwa, beberapa produk susu yang terdapat dalam coklat kemungkinan masih terdapat basil sehingga basil tersebutlah yang sanggup memicu jerawat, namun tetap saja hasil studi ini belum teruji 100% keakuratannya.

Konsumsi Kacang
Kacang terkadang disebut sebut sebagai sumber timbulnya jerawat. Padahal fakta yang ada kacang merupakan masakan yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan bukan sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Pasta Gigi Penyembuh Jerawat
Meskipun cara ini terbukti manjur dan bisa mengeringkan jerawat dan minyak berlebih, akan tetapi materi kimia pada pasta gigi sanggup membahayakan kulit. Pasta gigi mengandung baking soda, hidrogen peroksida, alkohol dan triclosan yang bila dipakai terus menerus sanggup merusak jaringan dalam kulit.

Jerawat harus ditangani dengan cara yang tepat. Jika anda mendapati jerawat yang susah untuk diatasi sebaiknya bawalah ke dokter ahli, sehingga tidak menimbulkan problem lain. Demikian sekilas informasi wacana Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat, semoga sanggup bermanfaat.