Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Khasiat dan Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan. Kayu manis merupakan satu jenis rempah-rempah yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan, adonan minuman, serta dimanfaatkan sebagai ramuan obat-obatan oleh sebagian masyarakat semenjak dulu. Kayu manis berasal dari kulit pohon Cinnamomumcassia yang mengandung antioksidan dan beberapa mineral ibarat cinnamaldehyde yang dipakai sebagai minyak esensial dan eugenol. Berikut manfaat dari kayu manis.

rempah yang biasa dipakai sebagai bumbu kuliner Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan
Khasiat dalam Kayu Manis

Mengontrol gula darah
Antioksidan yang terdapat dalam kayu manis sanggup membantu mengontrol tingkat gula dalam darah. Kayu manis membantu proses pencernaan sehabis makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Menurut survey, 1 gr kayu manis sanggup menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Anti infeksi
Kayu manis mempunyai komponen anti bisul natural. Dalam penelitian menyebutkan kalau kayu manis terbukti efektif menghilangkan kuman H. Pylori yang sanggup menimbulkan sakit maag, dan aneka macam jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan mineral lain yang baik untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga sanggup menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada badan dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga sanggup mengobati konstipasi atau diare.

Mencegah pertumbuhan sel kanker
Penelitian di University of Texas memperlihatkan bahwa kayu manis sanggup mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang sanggup menyembuhkan kanker.

Menghangatkan tubuh
Kayu manis biasanya dipakai pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini lantaran kayu manis mengandung zat yang menciptakan badan menjadi lebih hangat.

Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis sanggup mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic, dimana arachidonic dan inilah yang akan mengurangi radang serta penggumpalan darah tersebut.

Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis sanggup mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga sanggup mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai perantara dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang sanggup menimbulkan rematik.

Kesehatan jantung
Penelitian memperlihatkan bahwa kayu manis sanggup mengurangi lipid, juga mempunyai adhesi platelet dan sifat anti inflamasi. Dalam sebuah studi ini juga memperlihatkan bahwa hanya mengkonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari sanggup mengurangi trigliserida, serum glukosa, kolesterol LDL, serta total kolesterol pada individu dengan diabetes tipe 2.


Selain manfaat di atas, kayu manis sanggup dijadikan sebagai pengawet kuliner alami. Kandungan serat, kalsium, zat besi, dan mangan telah terbukti efektif mengurangi nyeri dikala haid atau melahirkan. Tak hanya itu kayu manis juga sanggup mengobati penyakit parkinson, alzheimer, tumor otak, dan meningitis.

Jika anda ingin mengkonsumsi kayu manis ini sebaiknya perhatikan dosis yang tepat, alasannya ialah kayu manis akan menjadikan imbas samping ibarat iritasi di area lisan dan bibir. Resiko lainnya yakni sanggup menimbulkan keracunan serta dilema hati. Bagi bawah umur dan ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis.


Demikian ulasan perihal mengenai Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan, supaya sanggup menambah wawasan anda perihal khasiat alami disekitar kita.