Sedang filariasis disebabkan oleh cacing nematoda golongan filaria yang dibawa oleh banyak sekali jenis nyamuk. Ada 3 jenis spesies cacing filarial yang menjadikan kaki gajah yakni wuchereria bancrofti, brugia malayi, brugia timori. Bentuk dari cacing ini mirip benang dan hidup dalam badan insan terutama dalam kelenjar getah bening dan darah. Selain itu cacing ini sanggup bertahan hidup sampai selama 4 – 6 tahun, sedangkan cacing betina sanggup menghasilkan jutaan anak cacing (microfilaria). Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang menular, untuk itu jikalau ada yang terkena kaki gajah sebaiknya berhati-hati.

 atau elephantiasis merupakan penyakit yang tergolong satu spektrum penyakit yang disebut  Penyakit Kaki Gajah
Siklus Penyebaran Cacing Filaria

Gejala Penyakit Kaki Gajah

Orang yang menderita penyakit gajah ini, jikalau tidak ditangani akan mengalami cacat menetap mirip pembengkakan dan pembesaran pada penggalan kaki, lengan sampai alat kelamin.

Biasanya dimulai dengan demam kurang lebih 3 sampai 5 hari. Jika digunakan untuk beristirahat, maka demam akan mereda, namun jikalau digunakan bekerja berat, demam akan muncul kembali.

Selain demam yang tiba-tiba, tanda-tanda tersebut juga sanggup berupa pembengkakan pada kawasan lipatan paha, ketiak tampak kemerahan, panas dan sakit.

Radang jalan masuk kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit, menjalar dari pangkal ke ujung kaki atau lengan.

Pembesaran tungkai, lengan, buah dada dan alat kelamin pada wanita serta alat kelamin pria yang tampak kemerahan dan terasa panas.


Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Menghindari diri dari gigitan nyamuk merupakan salah satu cara biar tidak terkena penyakit ini. Jangan lupa untuk membiasakan hidup higienis dengan memberantas serta menutup sumber air yang sanggup dijadikan sebagai tempat bertelur nyamuk. Seperti penampungan kolam mandi, kolam, dan tempat lainnya yang sanggup digenangi air. Selain itu perlu untuk meminum obat anti penyakit gajah secara masal, jikalau didapati ada yang menderita penyakit ini.

Pengobatan Penyakit Kaki Gajah

Pengobatan Masal
Pengobatan dilakukan secara khusus pada kawasan endemis dengan rate lebih dari 1 % dengan memakai sumbangan obat Diethyl Carbamazine Citrate yang dikombinasikan dengan Albendazole sekali dalam setahun dan dilakukan selama 5 tahun berturut-turut.

Pengobatan Selektif
Pengobatan ini dilakukan khusus mereka yang terserang penyakit mikrofilaria berserta anggota keluarganya yang berada dalam 1 rumah dengan penderita dan tetangga dekatnya.

Pengobatan Individu
Pengobatan ini khusus penderita penyakit kaki gajah kronis sebagai salah satu bentuk perawatan badan yang mengalami pembengkakan.

Jika anda mendapati tanda-tanda mirip diatas, segeralah melaksanakan pemeriksaan. Cara penanganan yang lebih awal pada penderita kaki gajah sanggup membasmi larva maupun benalu yang sanggup menjadi lantaran munculnya pembengkakan. Hal ini juga menjadi langkah terbaik biar penularan tidak terjadi pada orang lain. Itulah artikel mengenai Penyakit Kaki Gajah, semoga sanggup menambah wawasan anda pembaca setia Ragam Alami.