Ragam Manfaat dan Khasiat Alami - Apakah anda hobi mengkonsumsi telur? Jika iya maka simak ulasan berikut perihal Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Telur. Telur merupakan masakan pokok  dengan sumber protein lengkap. Harga yang terjangkau dan gampang didapat, menciptakan masakan yang satu ini disukai oleh banyak kalangan. Berbagai kandungan menyerupai vitamin A, B2, B6, B12, D, E, ribovlafin, asam folat, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, lemak, dan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 
 Jika iya maka simak ulasan berikut perihal  Manfaat dan Efek Samping Mengkonsumsi Telur
Kandungan dalam Telur
Manfaat Mengkonsumsi Telur

·  Kandungan karotenoid lutein pada kuning telur sangat bermanfaat untuk mata. Karotenoid merupakan pigmen yang memberi warna kuning pada kuning telur, sanggup menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak.
·      Kolin juga membantu perkembangan otak pada janin dikala dikonsumsi perempuan hamil.  Selain itu kandungan kolin menunjukkan bantuan untuk perkembangan otak janin, dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui.

·        Selain baik untuk perkembangan otak janin, koline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. 
·   Protein lengkap telur mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia, yang membantu mengontrol tingkat penyerap kalori pada tubuh. Telur sangat baik bagi anda yang mencoba untuk menurunkan berat tubuh dan menjaga berat tubuh tetap sehat.
·       Telur juga sanggup mencegah kanker dan penyakit jantung, lantaran kandungan penting di dalam kuning telur yang bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker.

Efek Samping Mengkonsumsi Telur

·     Meningkatkan kolestrol, alasannya ialah telur mengandung lemak sekitar 200 mg per butirnya. Konsumsi 6 butir dalam seminggu ialah batas maksimal yang diperbolehkan, namun jumlah ini juga harus diimbangi dengan acara hidup yang lebih dinamis. 

·      Kandungan lemak dalam telur juga bisa memicu penyakit kencing manis, terutama pada wanita. Mengkonsumsi telur setiap hari menciptakan laki-laki beresiko 55% mengalami diabetes tipe dua dan 77% pada wanita.
·    Telur juga bisa menciptakan kulit kita menumpuk minyak atau mengalami jerawat hormonal. Telursama halnya menyerupai kacang dan masakan pedas, sama-sama bisa memicu munculnya jerawat di kulit.
·  Terlalu banyak memakan telur menciptakan hormon tidak stabil, sehingga pada perempuan konsumsi protein hewani harus diimbangi dengan sayur dan buah.
·      Hindari konsumsi telur mentah, lantaran tidak hanya meningkatkan risiko tertular penyakit, namun juga sanggup mengakibatkan kekurangan vitamin dan protein. Tak hanya itu, di dalam telur mentah terdapat basil salmonella. Salmonella ialah salah satu basil penyebab utama penyakit menyerupai sakit perut, diare, muntah, demam dan menggigil.
·   Peneliti menemukan orang yang memakan telur lebih dari empat seminggu mempunyai lebih banyak plak di arteri mereka. Plak ini menyerupai mirip plak yang ada di arteri perokok, namun tidak separah itu. Orang yang memakan kuning telur lebih berisiko mempunyai banyak plak.
·      Telur mengandung albumin yang sanggup mengakibatkan imbas gatal-gatal, ruam, pembengkakan kulit, mual, diare dan masih banyak lagi. Keadaan yang lebih parah kalau alergi terhadap telur ialah timbulnya kesulitan bernapas, pembengkakan pada tenggorokan, ekspresi dan jalan masuk pernapasan. Selain itu bisa juga terjadi penurunakan tekanan darah secara mendadak yang mengakibatkan pusing dan kehilangan kesadaran.
·    Telur mengandung protein tinggi, sehingga kalau mengonsumsi dalam jumlah banyak sanggup mengakibatkan duduk masalah ginjal. Ginjal harus menyaring darah yang terlalu banyak protein dan ini merupakan kerja keras bagi ginjal yang bisa berisiko terjadi ginjal akut atau gangguan fungsi ginjal.


Telur akan memberi manfaat yang baik untuk tubuh kalau dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Seorang peneliti merekomendasikan dosis porsi yang baik yakni 3 – 4 butir telur  setiap minggunya. Selain itu alangkah lebih baik lagi kalau memakan telur yang telah direbus dari pada memakannya mentah mentah. Naah sobat ragam itulah ulasan dari Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Telur. Semoga bermanfaat.